Wednesday, March 28, 2012

[Buku] Aplikasi Terbaik HP & Tablet: GPS pada Android


Di Gramedia ada buku menarik yang berhubungan dengan ponsel Android dan GPS. Judulnya Aplikasi Terbaik HP & Tablet: GPS pada Android (oleh: Wishnu E. W., Penerbit Jasakom).

Buku ini berisi aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan GPS (satelit). Secara garis besar kategori pembahasan, sbb:
- Compass
- Utility
- Anti Maling
- Navigasi
- Olah Raga
- Melacak Lokasi
- Black Box
- Pencari Lokasi Parkir
- Astronomi
- Peringatan Dini Bencana
- Games


Secara umum berisi informasi mengenai masing-masing aplikasi beserta beberapa tutorial dasar penggunaaannya. Jadi orang awampun akan terbantu jika mengikuti step-step yang dijelaskan di dalamnya.

Sebagai contoh, salah satu pembahasan aplikasi navigasi: Locus. Di dalam buku ini diuraikan mengenai informasi fitur, step-step bagaimana memilih peta (ternyata Locus bisa juga menggunakan peta navigasi.net online lho), cara mendownload tile peta, memberi marking lokasi, dan menyimpan track.

* Jika ingin mengetahui aplikasi navigasi GPS yang lebih mendalam, silahkan baca Asyiknya Bernavigasi dengan Ponsel GPS.

Contoh lain adalah pembahasan aplikasi untuk melacak lokasi, yaitu Life360. Di sini dipaparkan pemakaian awal, cara menambah anggota contact/keluarga, melihat posisi keluarga baik dari ponsel Android ataupun dari laptop, dan komunikasi antar orang. Dengan aplikasi ini siapapun bisa memantau (dan berkomunikasi) keberadaan anggota keluarga dengan gampang hanya dari layar ponsel.

Bagi yang ingin mengoptimalkan GPS pada ponsel Android, buku ini bisa menjadi panduan/referensi untuk mencoba aplikasi berbasis satelit. Full colour lagi.


Link:
http://www.jasakom.com/content.php?903-Aplikasi-Terbaik-HP-Tablet-GPS-PADA-ANDROID

No comments:

Post a Comment