Wednesday, February 10, 2010

Sony Ericsson Xperia X1. Wow!



Akhirnya dapat juga smartphone idaman, Sony Ericsson Xperia X1 warna hitam. Smartphone canggih dengan OS Windows Mobile 6.1 Professional, berkamera 3 MP. Mantap!

Dari sebelumnya pakai Smartphone Windows Mobile 2003 SE (non touch screen) beralih ke Windows Mobile 6.1 (touch screen) ternyata perlu sedikit adaptasi juga untuk menu-menunya.

Kesan pertama, ok nih Smartphone. Salah satu yang saya sukai adalah, Xperia X1 ini punya dua cara input data: touch screen dan keypad. Pengalaman dulu pakai iPAQ 2210 karena seringnya pakai stylus, layar bagian bawah yang biasa buat nulis (virtual keyboard) membekas titik-titik karena sering kena pencet stylus. Di Xperia X1 beda, kalau SMS atau kirim email bisa ngetik pakai keypad. Mudah-mudahan layar ngga membekas stylus kayak iPAQ saya dulu, hehehe... Oya, ada tambahan optical, memindah menu tinggal menggesek optik aja.

Fitur lain yang ngga kalah asyik adalah GPS. Kalau sebelumnya saya GPS-an pakai O2 Xphone IIm + GPS bluetooth Holux, sekarang cukup dengan satu gadget saja. Aplikasi-aplikasi GPS lebih banyak dan OK karena touch screen. Sudah coba GPS Utilities dan Garmin Mobile XT berjalan dengan baik.

Kamera ada dua buah: depan (VGA) dan belakang (3 MP), berarti bisa buat video call, keren. Tapi ada ngga enaknya juga sih, kalau belum mandi jadi kelihatan, hihihi... Kamera bisa geotag, artinya kalau kita ngejepret suatu obyek bisa ada tambahan informasi koordinat dimana obyek tersebut berada. Perpaduan fitur kamera dan GPS.

Layar cukup nyaman, 480x800, cukup besar resolusinya dibandingkan smartphone yang ada sekarang yang kebanyakan 320x480. Sementara emang kebanyakan aplikasi banyak yang jalan di 320x480 tapi yakin deh sebentar lagi aplikasi/game untuk 480x800 pasti bertambah lebih banyak lagi. Sekarang saja kalau search di internet, sudah mulai bermunculan.

Spesifikasi lengkap untuk Sony Ericsson Xperia X1 bisa dilihat di sini.



No comments:

Post a Comment